[Throwback] Pengalaman Pertama Kali Diajak Kerja Sama Blog oleh Brand

Minggu, 22 September 2024


Assalamualaikum,
Halo, apa kabar semuanya?

Selama blog walking, saya sering membaca curhatan teman-teman blogger, yang mengaku awalnya membuat blog sekedar iseng sebagai diari digital ataupun untuk keperluan tugas.

Berjalannya waktu, setelah sering menulis di blog, berkunjung ke blog lain, hingga ikut komunitas blog, kemampuan menulis pun makin meningkat. Selain itu jumlah visitor atau page view juga ikut bertambah banyak.

Dan saya yakin, salah satu  momen paling bahagia saat menjadi blogger adalah saat mendapat tawaran kerja sama blog dari sebuah brand. Ayo ngaku, siapa di sini yang masih terngiang-ngiang momen pertama kali dihubungi oleh pihak brand atau KOL specialist?

Pasti nggak menyangka dan nggak percaya "blog pribadi nan kecil ini dilirik oleh sebuah brand?"

Momen tiba-tiba dihubungi oleh brand


Saya masih teringat momen pertama kali diajak kerja sama oleh brand ZALORA pada tahun 2015. Waktu itu agak ragu apakah benar, ini brand ZALORA, atau mungkin pihak lain yang mengaku sebagai ZALORA. 

Kalaupun betul itu adalah ZALORA yang asli, saya juga masih nggak yakin, "apa benar ZALORA benar-benar tertarik dengan blog saya?" Secara saat itu ada banyak blogger yang lebih terkenal seperti Indah Nada, Dian Pelangi, Fitri Aulia, Karasanten, Saturday dll. Fyi sekarang mereka sudah sibuk menjadi selebgram/influencer dan ada yang memang merupakan designer.

Padahal saat itu blog saya belum TLD, lho! Alias masih menggunakan "nama keluarga" blogspot(dot)com. Kayaknya jaman sekarang, kalau ada tawaran kerja sama blog, persyaratan utamanya adalah blog yang sudah TLD.

Eh tapi, kalau diingat-ingat sekitar tahun tersebut para blogger terkenal di atas juga belum TLD kecuali blogger yang punya website jualan seperti Dian Pelangi dan Ria Miranda.

Wah, enak yah jaman dulu para blogger nggak harus TLD tapi masih bisa terkenal, ramai pengunjung bahkan diajak kerja sama oleh brand terkenal.

Gara-gara menang lomba blog?


Jadi kembali kepada pertanyaan, kenapa blog saya bisa diajak kerja sama??

Setelah coba menelaah, sepertinya alasan terkuat saya mendapat tawaran kerja sama blog adalah karena pernah menang atau menjadi juara pertama lomba blog yang diadakan oleh komunitas Indonesian Hijab Blogger pada tahun 2015.

Artikelnya bisa baca di sini : Bekerja di Markasnya Iron Man dan Man of Steel

Pengumumannya di sini, saat itu alamat blog saya masih rfdila(dot)blogspot(dot)com.


Komunitas Indonesian Hijab Blogger sangat terkenal saat itu dan para blogger hits yang saya sebutkan di atas adalah anggotanya. Apa jangan-jangan mereka yang mendirikan, ya? and fyi komunitas ini sekarang lebih aktif di Instagram.

Ya fiks, blog saya bisa dilirik oleh brand ZALORA karena berhasil menang lomba blog dan pengumumannya ada di blog resmi Komunitas Indonesian Hijab Blogger!!

Apapun penyebabnya, pokoknya saat mendapatkan email tawaran kerja sama ZALORA, saya seperti kejatuhan durian runtuh. Senang tapi juga kaget!

Fun Fact kerja sama blog jaman dulu!


Sekarang saya ingin menceritakan fun facts kerja sama blog dengan brand terkenal di tahun 2015.

Tahun 2015, bisa dibilang belum begitu familiar dengan sosok selebgram, apalagi seleb TikTok. Jadi brand lebih banyak melakukan promosi berbayar via blogger which is bisa dikatakan endorsement lebih banyak diterima oleh para blogger (terkenal).

Dan fun factnya, SOW kerja sama blog juga nggak berat, lho! Idk apakah kebetulan mendapat tawaran kerja sama dari brand yang tidak mempedulikan SOW atau bagaimana, tapi setelah saya baca ulang email dari ZALORA (masih ada donk, hehe), ketentuannya sesimple ini :

- Ditawari menulis artikel
- 1 ancor text dan link-nya
- Tidak ada minimal kata
- Tidak ditanya nilai DA PA
- Tidak harus lapor PV sebulan sebelumnya
- Dan tidak harus TLD

Begitu artikel selesai dibuat, alhamdulillah langsung approved dan boleh di-publish. Setelah itu langsung dikirim benefitnya. 

Oh iya, selain itu juga :
- Tidak ditanya rate card
- Tidak harus kirim fotocopy KTP dan NPWP
- Tidak disuruh membuat invoice
- Tidak disuruh mengirimkan laporan goggle analytic setelah tulisan tayang

Itulah gambaran kerja sama blog di tahun 2015. Dulu yang saya tahu hanya rangking Alexa untuk mengetahui posisi sebuah blog, tapi mengenai nilai DA, PA, SS dan DR baru tahu sekitar tahun 2020 ini.

Bagi yang penasaran artikel kerja sama saya dengan Zalora bisa baca di sini :

Kerja sama blog jaman sekarang


Sekarang dunia per-blog-an sudah berubah. Ya, tentu saja dunia marketing dan endorsement sudah berevolusi mengikuti perkembangan jaman.

Apalagi sekarang blogger saingannya bukan sesama blogger lagi, melainkan selebgram dan seleb TikTok. Sehingga para brand juga lebih suka bekerja dengan mereka terutama yang memiliki target penjualan.

Mungkin karena persaingan sudah ketat, sekarang kalau ada tawaran kerja sama, pasti ditanya dulu rate cardnya, nilai DA PA, laporan PV sebulan sebelumnya. Supaya brand bisa menimbang, apakah mereka diuntungkan jika bekerja sama dengan blog ini?

Lalu kalau sudah deal, ada SOW yang harus diikuit seperti minimal 800 kata, anchor text, backlink dan ketentuan lainnya.

Syukurnya saya sudah terbiasa dengan alur kerja sama sekarang, kalau ada yang sepertinya terlalu ribet, atau tidak sesuai dengan niche blog, tinggal ditolak. Beberapa artikel kerja sama blog ini dengan brand bisa dicek di sini Sponsored Posts.

Sekarang saya juga sudah punya rate card yang lumayan profesional karena dibuat serapi mungkin dan di simpan dalam format pdf. Soalnya dulu rate card saya cuma berupa kalimat yang diketik langsung.

Anyways, bagi yang ingin punya rate card dengan bentuk yang lebih profesional, bisa cek templatenya di sini Template Rate Card untuk Blogger

Contoh template rate card blogger

Sekian curhatan sekaligus nostalgia pertama kali mendapatkan tawaran kerja sama blog dari brand terkenal.

Anyways, kepada brand yang tertarik untuk bekerja sama dengan blog ini, bisa hubungi saya langsung di sini

xoxo
Dila

1 komentar:

  1. Keren dil. Sangat menginspirasi. Mau jugalah dapat kerjasama hehe...

    BalasHapus