Rekomendasi Oleh-Oleh Murah Saat Liburan di Korea

Jumat, 19 Juli 2024


Assalamualaikum
Halo semuanya, apa kabar?

Merencanakan liburan memang menyenangkan, apalagi liburan ke Korea Selatan yang merupakan negara idaman para remaja atau wanita Indonesia saat ini. Pasalnya industri hiburan dan budaya Korea sangat viral seperti K-Pop, K-Drama, Webtoon hingga K-Beauty sehingga mengundang rasa penasaran untuk mengunjungi Korea secara langsung.

Sebelum merencanakan liburan ke Korea, hal utama yang menjadi pertimbangan adalah budget. Setelah mengetahui budget yang dimiliki barulah bisa menentukan lama perjalanan, penginapan, akomodasi, hingga oleh-oleh yang ingin dibeli.


Ya, mau tak mau budget untuk oleh-oleh harus dipikirkan. Karena kita hidup di negara yang mana saat akan liburan, basa-basi yang selalu dilontarkan oleh orang adalah "Jangan lupa oleh-oleh ya~"

Walaupun jadi agak boros, hunting oleh-oleh saat liburan itu seru loh! Kita jadi tahu barang khas di negara itu sehingga tertarik membelinya baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Yang penting bisa membeli oleh-oleh bagus sesuai dengan budget yang sudah ditentukan.

Nah, bagaimana jika liburan ke Korea? Apa saja sih oleh-oleh bagus namun murah sehingga bisa dibagikan kepada keluarga ataupun teman setelah pulang dari Korea?

Alhamdulillah saya sudah beberapa kali ke Korea, sehingga pada artikel ini ingin merekomendasikan barang-barang yang bisa dijadikan oleh-oleh. Ada apa saja, ya? 



Rekomendasi Oleh-Oleh Bagus dan Murah Saat Liburan di Korea



1. Tempelan Kulkas


Rekomendasi pertama oleh-oleh bagus nan murah yang bisa dibeli saat liburan ke Korea adalah tempelan kulkas. Sebenarnya ini adalah oleh-oleh mainstream karena di tempat wisata manapun menjual tempelan kulkas. Namun masih worth it untuk dijadikan oleh-oleh karena setiap tempat wisata punya design sendiri.

Tempelan kulkas itu bentuknya beragam, ada yang berupa gambar bendera Korea, bangunan khas, baju tradisional dan lain-lain. Harganya berbeda-beda tergantung material dan kualitas. 

Kamu bisa menemukan tempelan kulkas di toko souvenir ataupun kaki lima yang ada di tempat wisata. Biasanya dijual satuan dan set isi 10. Harganya mulai dari 4000 won loh untuk set isi 10.

Karena sudah lama nggak ke Korea, saya mengambil referensi harga dari online shop Korea. Jadi mungkin tidak persis sama, intinya kisarannya 4000 won hingga 10.000 won.

Rekomendasi Oleh-Oleh Murah Saat Liburan di Korea


2. Gantungan Kunci


Selanjutnya oleh-oleh yang wajib dibeli adalah gantungan kunci. Saya suka dengan gantungan kunci Korea karena designnya unik dan kualitasnya bagus. Besi gantungannya bukan yang mudah copot ataupun berkarat.

Menurut saya Bukittinggi sebagai kosa wisata harus meniru kualitas gantungan kunci yang dijual di Korea. Jangan asal jual, harus diperhatikan design dan kualitasnya. 

Sama seperti tempelan kulkas, gantungan kunci juga dijual satuan dan set isi 9 atau 10 dengan harga mulai dari 6000won. Bentuknya setipe dengan tempelan kulkas yaitu seperti gambar bendera, bangunan khas, orang dengan baju tradisional dan lainnya.

Rekomendasi Oleh-Oleh Murah Saat Liburan di Korea
Gantungan Kunci Korea

3. Masker Wajah


Masker wajah menjadi salah barang yang bisa dijadikan oleh-oleh khususnya untuk saudari atau teman perempuan. Kamu bisa membeli masker wajah di toko skincare yang banyak ditemukan di pusat kota. 

Pada liburan ke Korea sebelumnya saya membeli masker wajah isi 100 seharga 25.000 won yang berarti satu masker harganya 250won atau setara dengan Rp3000 dengan kurs saat ini.

Lumayan murah kan, dan teman-teman perempuan pasti senang mendapatkan oleh-oleh masker wajah.

Rekomendasi Oleh-Oleh Murah Saat Liburan di Korea
Masker Wajah Tony Moly

4. Permen Ginseng


Korea terkenal memiliki ginseng Korea yang merupakan salah satu spesies tumbuhan yang akarnya merupakan sumber asli ginseng. Ginseng ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yaitu seperti untuk meningkatkan sistem imun dan kemampuan berpikir.

Ginseng Korea diolah dengan berbagai cara, salah satunya adalah dijadikan permen. Saya pribadi suka dengan permen ginseng karena rasanya unik. Tapi sebenarnya beberapa teman menami permen ginseng dengan permen tanah karena rasanya. 

Permen ginseng menjadi salah satu rekomendasi oleh-oleh murah dan unik karena produk asli Korea. Paling cocok untuk kamu yang budgetnya terbatas, begitu pulang liburan dari Korea langsung bagi-bagi permen untuk semua teman kantor atau keluarga.

Sebungkus permen ginseng isi 600gr harganya sekitar 6000won.

Rekomendasi Oleh-Oleh Murah Saat Liburan di Korea

5. Album/Merchandise K-Pop


Saat liburan ke Korea, jangan lewatkan kesempatan untuk membeli album atau merchandise K-Pop karena harganya murah dan koleksinya lengkap.

Mungkin dibandingkan dengan 4 produk di atas, harga album/merchandise K-Pop cukup mahal namun percayalah, harganya lebih murah dibandingkan dengan yang dijual di Indonesia. Jadi oleh-oleh ini sangat worth it jika diberikan kepada orang yang suka K-Pop.

Sebagai contoh, album Enhypen - Dimension : Dillema, harga di Korea sekitar 16.000 won (setara Rp187.000) sementara harga di Indonesia bisa mencapai Rp380.000

Album dan Merchandise K-Pop yang dibeli saat liburan ke Korea

Baca juga : #ARMYTOUR : Mengunjungi Tempat yang Pernah Didatangi BTS

***

Oke, itulah 5 rekomendasi barang yang bisa dijadikan oleh-oleh saat liburan ke Korea. Saya tidak memasukkan makanan atau cokelat di sini karena takutnya tidak halal. 

Makanan yang cukup terkenal dari Korea dan sering dijadikan oleh-oleh adalah Honey Butter Almond dan ramyeon.

Sekian dari saya, semoga bisa ke Korea lagi supaya bisa update harga dan menemukan barang lain yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Terima kasih sudah mampir ke blog ini.

xoxo
dila

15 komentar:

  1. Belom ngerasain jalan jalan keluar negeri. Apalagi destiny ke korea. Tapi kayanya disana menarik sovenirnya...


    Newsartstory

    BalasHapus
  2. Waaah senangnya bisa jalan-jalan ke Korea apalagi pulangnya berbagi kebahagian dengan sekarung oleh-oleh khas sana, semoga saya bisa menyusul melakukan perjalanan wisata ke Korea.

    BalasHapus
  3. Bagi kita yang muslim emang sebaiknya seletif memilih oleh-oleh makanan, karena kita gak tahu halal atau gak produk tersebut. Nah, kalau jala-jalan ke Korea, emang yang paling pas bawa oleh-oleh Merchandise K-Pop ya.

    BalasHapus
  4. Awal tahun 2019 kemarin sempat mau jalan-jalan ke Jepang terus lanjut ke Korsel, tapi pas dua negara tahun itu menutup diri gara-gara merebaknya pandemi. Huhuhu, padahal udah merencanakan sejak awal nikah. Akhirnya ke tetangga negara sendiri. Baca ini jadi semangat nabung buat rencana jelong-jelong ke korsel. :D

    BalasHapus
  5. iya bangettt aku pernah dikasi oleh oleh keponakanku yang lagi ngikut tukar pelajar di korea kan, pulangnya aku dibawain pernak pernik koreaaa kiyowoooo bangetttt

    BalasHapus
  6. Aku kalau ke Korea pasti ngeborong skincare-nya siiih wkwkwk soalnya skincare Korea kan mantep2 banget tuh hasilnya dan pasti lebih murah kalau beli di sana langsung, kapan yaaa bisa ke sanaaaa 🥲 Mudah-mudahan bisa kesampaian suatu harii hehe

    BalasHapus
  7. Hihi..kalau aku seringnya cari gantungan kunci utk oleh2..ternyata ada contoh2 oleh2 lain yg ok punya ya.. Terima kasih sharing rekomendasi nya .

    BalasHapus
  8. Terimakasih rekomendasinya Kak. Ini menarik bgt, saya paling suka kalau bawa oleh-oleh berupa masker wajah dan permen gingseng merah. Selain murah, saya juga memang pecinta kuliner dan skincare.

    BalasHapus
  9. Yang paling wajib emang gantungan kunci atau tempelan kulkas. Udah serasa jadi oleh-oleh wajib sejuta umat ketika bepergian. Soalnya, tiap wilayah pasti punya desain yang unik. Dan karena murah jadi dengan bujet tertentu bisa kebagian banyak.

    BalasHapus
  10. Kalau ke Korea saya sih pengen jajan street food yang kayak di vlognya Ria SW, unik dan pastinya enak

    BalasHapus
  11. gantungan kunci dan tempelan kulkas itu kayaknya jadi oleh-oleh wajib kalau kita habis mengunjungi suatu tempat yaa karena selain murah nggak makan tempat juga

    BalasHapus
  12. Kirain semuanya bakal mahal. Ternyata nggak semahal itu ya. Penasaran rasa permen ginseng seperti apa jadinya.

    BalasHapus
  13. Kalo sheet mask keknya sesuatu dah, soalnya kan langsung dibeli di Korea ya, sehingga nuansanya tetep dapet sekaligus dapat juga khasiatnya buat menyehatkan wajah

    BalasHapus
  14. Ka Dila Engene kah?
    Hihii... atau efek mau ada konser Enha bulan Agustus ini?
    Cakeepp euuii...aku ga nolak apapun yang dikasih. Heheh..secara uda dibawain aja kan effort banget.

    Tapi pastinya kalok ke Korea, aku mungkin prefer beli gamci, kaoskaki atau stationery gitu yaa.. gampang bawanya.
    Tentunya ga lupa ke SM ent. buat ketemu mas Ay Jeno.
    Wkwkwk~

    BalasHapus
  15. Gantungan Kunci sih, murah meriah tapi berkesan dan bisa dibawa-bawa juga. Kapan yak bisa ke korea, semoga bisa terwujud disini meninggalkan jejak Do'anya dulu aja.hehehe

    BalasHapus