Alasan Semangat Jogging Pagi

Rabu, 31 Juli 2024

Morning Run

Assalamualaikum
Halo semuanya~

Sudah beberapa bulan ini story Instagram saya didominasi oleh foto "hasil" jogging pagi, seperti foto pemandangan di pagi hari dan peta jogging dari Strava. Padahal dulu, story Instagram itu isinya foto-foto makanan/kafe, tempat wisata dan artis favorit.

Mungkin ada yang bertanya, "Kok bisa sih, rajin jogging pagi?"

Nah pada artikel ini saya ingin menceritakan kenapa jadi semangat jogging pagi, dari alasan ter-receh hingga yang serius. Ada apa saja, ya? Yuk, baca artikel ini sampai selesai!



Alasan Semangat Jogging Pagi



- Listening to My Favorite Playlist


Ini menjadi alasan ter-receh kenapa semangat jogging pagi yaitu untuk mendengarkan lagu-lagu favorit yang sudah dibuatkan playlist-nya di Spotify.

Walaupun bisa mendengarkan lagu di rumah, tapi ada sensasi berbeda jika mendengarkan lagu sambil jogging. Apalagi kalau lagunya upbeat, rock atau metal, satu jam berlari pun nggak akan terasa lama.

Anyway this is my playlist for jogging! (akan selalu di-update)



- Beli Jajanan


Inilah kenapa saya nggak mau absen jogging di minggu pagi! Karena niat terbesarnya adalah untuk hunting jajanan di Lapang Kantin Bukittinggi. Kalau di tempat lain dikenal dengan CFD, namun di kota saya yaitu Bukittinggi, penjual diperbolehkan berjualan di area lapangan langsung so bukan di jalan raya yang disterilkan.

Walaupun saya suka dengan jajanannya, tapi berharap ke depannya Lapang Kantin tetap steril di minggu pagi, lalu para pedagang bisa dialihkan ke jalan raya persis di sampingnya supaya bisa meniru konsep CFD di kota lain.



- Menikmati Pemandangan (baca: foto-foto)


Alasan saya semangat jogging pagi khususnya di Bukittinggi adalah karena suka mengambil foto pemandangan yang terlihat di sepanjang rute jogging. 

Pemandangan atau objek yang sering diabadikan saat jogging adalah gunung Merapi & Singgalang, pohon-pohon besar di tepi jalan, bunga-bunga, patung-patung bersejarah hingga SMAN 2 Bukittinggi yang merupakan sekolah saya dulu. Tentu saja, foto-foto inilah yang di-post di story Instagram bersama dengan map dari Strava.

Alasan Semangat Jogging Pagi
Hasil foto selama jogging


- Mencegah Tidur Pagi


You know, previlage seorang freelancer itu adalah bisa bangun siang karena tak harus berangkat kerja pagi-pagi. Awalnya saya menikmati keuntungan tersebut, namun berjalannya waktu rasanya aneh. Seperti kurang produktif, jadi pemalas dan badan agak kaku. 

Seperti istilah populer yang sering kita dengar "Kalau bangun siang nanti rezekinya dipatok ayam". Sebenarnya istilah tersebut bukanlah mitos, karena ada penjelasan dari segi kesehatan dan agama yang tak menganjurkan tidur setelah salat subuh.

Tidak tidur setelah subuh itu adalah tantangan besar bagi saya, karena rasanya masih ngantuk sekali apalagi setelah baca al-quran. Sehingga memutuskan jogging pagi untuk melawan rasa kantuk dan bisa mengawali hari dengan sehat.



- Update Strava


Setelah install Strava, saya makin rajin jogging lho! Mungkin karena ada rasa puas bisa melihat hasil catatan setelah jogging. Selain itu juga terpacu dengan update-an teman-teman di Strava.

Bagi yang belum tahu, Strava adalah media sosial untuk orang yang suka berolah-raga. Karena dengan aplikasi Strava, kita bisa "pamer" hasil aktifitas olahraga yang sudah dilakukan, seperti walking, running, swimming dan banyak lagi. Hasil aktifitas itu seperti jarak tempuh, pace, waktu hingga map/rute jogging.

Yuk berteman di STRAVA Follow me on Strava

Alasan Semangat Jogging Pagi


- Healing & Menjaga Kesehatan


Alasan paling serius kenapa saya suka jogging pagi adalah untuk menjaga kesehatan mental dan fisik.

Sejak menjadi freelancer, saya merasa hidup agak monoton karena sebahagian besar kegiatan dilakukan di rumah. Sehingga merasa perlu jogging pagi untuk menghirup udara segar sambil melihat pemandangan pagi kota Bukittinggi. So inilah makna jogging sebagai healing.

Selain bosan di rumah, saya juga merasa tubuh ini kurang gerak dan kurang asupan vitamin D dari matahari. Dan juga ada kekhawatiran mudah jatuh sakit dan tubuh jadi gendut kalau tidak olahraga sama sekali. Dari sekian macam olah raga, yang paling mungkin dilakukan hanya jogging, sehingga saya berusaha jogging pagi supaya tubuh tetap sehat.


***

Well, itulah alasan kenapa saya rajin jogging pagi dari yang ter-receh hingga yang paling serius. Semoga tulisan ini menjadi pemacu semangat jogging pagi untuk teman-teman lainnya.

xoxo
dila

2 komentar: