5 Momen Ikonik Formula 1 di First Half of 2026

Kamis, 03 September 2026

Tidak ada komentar
5 Momen Ikonik Formula 1 di First Half of 2026

Assalamualaikum
Halo semuanya~

Sepertinya baru kemarin saya nggak sabar menunggu balap Formula 1 di tahun 2026. Eh, nggak terasa sekarang kita bahkan sudah melewati semester pertama 2026.

Sebagai fans baru, saya benar-benar enjoy mengikuti kompetisi motorsport ini. Dan nggak menyangka, saya yang dulunya cuma maniak dengan K-pop/musik, sekarang bisa paham dan histeris melihat aksi balapan para driver Formula 1 yang sangat keren!

Yup, saya adalah K-popers yang suka F1 itu!

Pada artikel ini, saya ingin merangkum beberapa momen lucu atau ikonik yang terjadi selama semester awal 2026.

Ada apa saja ya? Yuk baca artikel ini sampai selesai!

Momen Ikonik Formula 1 di First Half of 2026


- Announcer salah sebut nama Kimi Antonelli


China GP menjadi kemenangan pertama bagi Kimi Antonelli di tahun 2026. Hal itu juga menjadi kemenangan perdana Kimi setelah bergabung dengan tim Mercedes sebagai driver utama pada 2025. 

Namun, momen berharga itu sedikit terganggu karena kesalahan yang dibuat oleh announcer saat pengumuman pemenang. Announcer menyebut juara pertama adalah pembalap dari Italia, yaitu Kimi Räikkönen, bukan Kimi Antonelli. Hal itu sontak membuat Kimi dan semua orang yang ada di sekitar podium, terheran dan tertawa.

Kimi Räikkönen adalah pembalap F1 asal Finlandia yang sudah pensiun sejak tahun 2021. Dia pernah mendapatkan gelar WDC saat menjadi pembalap di tim Ferrari. Memang nama Kimi sudah cukup identik dengan Kimi Räikkönen, dan mungkin announcer tersebut kangen dengan pembalap yang dikenal sebagai Ice Man.  

Jujur, awalnya saya  mengira Andrea Kimi Antonelli nge-fans dengan Kimi Räikkönen, sehingga dia lebih memilih nama panggung Kimi daripada Andrea.

Kamu bisa lihat videonya di postingan Instagram Mercedes berikut:

- Charles Leclerc pakai baju Lewis Hamilton


Sama seperti atlet olahraga lainnya, pembalap F1 juga memiliki "nomor punggung". Nomor tersebut bisa ditemukan di livery mobil, helm, baju balap, sepatu dan lainnya.

Saat event balap di Barcelona-Catalunya, Charles Leclerc datang dengan jersey Scuderia Ferrari merah dan jeans hitam di Practice Day 1.

Mungkin itu setelan yang biasa bagi seorang driver saat datang ke paddock. Namun, yang menarik perhatian orang-orang, ternyata Charles memakai jersey nomor 44.

Memang nomor itu berada di kiri bawah baju dan ukurannya cukup kecil. Tapi mata jeli semua fans nggak bisa dihindari. Semua orang tahu kalau nomor 44 adalah nomor Lewis Hamilton. Sementara nomor Charles adalah 16. 

Entah itu kesalahan staf atau memang Charles sedang meminjam baju Lewis. Yang pasti, itu menjadi momen ikonik yang membuat semua fans di paddock maupun di media sosial terhibur.


- Kim ambil handuk Kimi di Monaco GP


Ketika Lewis Hamilton diisukan berpacaran dengan Kim Kardashian, semua fans heboh dan nggak setuju. Dan isu itu akhirnya menjadi fakta ketika Lewis benar-benar mengundang Kim ke ajang balap F1. 

Kim bersama adiknya, Khloe, datang ke Monaco GP yang diselenggarakan pada 5-7 Juni 2026. Itu menjadi momen yang sangat heboh dan hampir semua media menyoroti gerak-gerik Kim. Sebagai fans baru, saya merasa Kim menjadi WAG yang paling fenomenal saat itu.

Kedatangan Kim ternyata menjadi pemicu semangat bagi Lewis, sehingga ia bisa meraih posisi ke-2 yang merupakan posisi tertinggi (hingga saat itu) yang diraih Lewis setelah bergabung dengan tim Ferrari.

Kim pun ikut menyaksikan Lewis naik ke podium bersama pemenang pertama yaitu Kimi dan ketiga adalah Isack Hadjar. 

Lalu momen lucu pun terekam oleh berbagai kamera. Terlihat mbak Kim mengambil sebuah handuk yang ada di sebuah meja. Meja tersebut memang posisinya di bawah atau di track, yang mana di atas meja terdapat handuk dan air mineral yang diperuntukkan untuk para pemenang.

Kebetulan handuk yang diambil berada di meja untuk pemenang pertama, yang berarti punya Kimi. Momen itu sangat viral di internet, bahkan para staf Mercedes ikut membuat konten lucu tentang hal itu.

Saking viralnya, sampai-sampai mbak Kim notice dan akhirnya menghadiahkan handuk baru untuk Kimi.


- One Direction versi F1


Salah satu momen ikonik di tahun 2026 adalah terbentuknya One Direction versi F1. Karena terdapat lima orang dengan KTP Inggris, yaitu Lewis Hamilton, George Russell, Lando Norris, Ollie Bearman dan Arvid Lindblad.

Otomatis mereka menjadi wajah utama di cover British GP di postingan akun resmi Formula 1. Selain itu mereka juga disatukan di atas panggung, saat acara menyapa para fans.

Dengan fenomena ini, saya jadi tahu Formula 1 didominasi oleh pembalap Inggris. Selain itu, kantor utama tim F1 juga mayoritas berada di Inggris, walau nggak semuanya berasal dari Inggris.

- McLaren kamuflase jadi Aston Martin


Selanjutnya adalah momen yang cukup ikonik, khususnya bagi para penggemar McLaren.

Masih di British GP 2026, McLaren meluncurkan livery khusus dengan warna putih dan hijau tua. Hal itu terinspirasi dari mobil McLaren M2B yang merupakan mobil pertama mereka.

Awalnya saya suka melihat warna livery McLaren tersebut, karena terlihat lebih mewah dan elegan. Apalagi, para drivernya juga mengenakan baju berwarna putih.

Tapi setelah turun ke trek, saya merasa frustrasi karena sulit mengenali mobil McLaren dari jauh. Bahkan livery spesial McLaren itu terlihat seperti Aston Martin.

Ternyata nggak hanya saya, para fans McLaren lainnya juga merasakan hal yang sama. Dan pada akhirnya kami merindukan livery McLaren berwarna oranye mentereng yang dulu sering dianggap terlalu ngoren.
@_chocodilla jujur janggal lihat McLaren bukan warna papaya. #mclaren #formula1 #britishgrandprix #landoscar #f1car ♬ original sound - Noah

***

Itulah lima momen ikonik Formula 1 selama semester pertama 2026. Jadi nggak sabar melihat momen ikonik lainnya. 

Bagaimana menurut kamu? Ada momen ikonik lain yang belum masuk di list ini? Tuliskan di kolom komentar, ya!

xoxo
Dila
Read More

Plus Minus Tinggal di Bendungan Hilir - Jakarta Pusat

Rabu, 26 Agustus 2026

Tidak ada komentar
Plus Minus Tinggal di Bendungan Hilir - Jakarta Pusat

Assalamualaikum
Halo semuanya

Tak terasa sudah dua tahun saya tinggal di pusat kota, yaitu area Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Walaupun merantau itu bukan istilah baru dalam kehidupan saya, tapi merantau dan benar-benar tinggal di kota Jakarta adalah hal baru bagi saya.

Singkat cerita, pada tahun 2024 saya merantau ke Jakarta dan memilih Bendungan Hilir (Benhil) sebagai tempat tinggal. Banyak culture shock yang saya rasakan selama ngekos di area Benhil.

Setelah dua tahun tinggal di Benhil, saya merasa perlu menulis artikel ini. Saya ingin spill mengenai plus dan minus tinggal di Bendungan Hilir. Khususnya area di belakang Menara BRI & Mori Tower yaitu Jl. Bendungan Hilir dan Jl. Bendungan Jatiluhur. 

Saya berharap tulisan ini dapat membantu teman-teman yang merantau ke Jakarta, entah itu merantau karena pendidikan atau pekerjaan, dan sedang galau memilih area kosan atau apartemen.

Sehingga nantinya, setelah membaca plus dan minus tinggal di Bendungan Hilir, kamu bisa menimbang apakah ini area yang tepat untuk ditinggali atau tidak.

Plus Minus Tinggal di Bendungan Hilir - Jakarta Pusat


Menurut saya, kekurangan tinggal di Bendungan Hilir itu sedikit, jadi saya ingin membahasnya di awal.

Minus/Kekurangan Tinggal di Bendungan Hilir


- Biaya sewa kosan mahal


Culture shock pertama saat hunting kosan di Bendungan Hilir adalah harga sewa kos-kosan yang sangat mahal. Bisa dibilang range harga kosan di sini sekitar 2 juta hingga 4 juta

Mungkin karena dulu saya ngekos di Cilegon, di mana sewa per bulan kamar kosan dengan fasilitas lengkap sekitar 1.500.000 rupiah. Dan sekarang, jika mencari kosan dengan fasilitas yang sama di area Bendungan Hilir, harganya di atas 2.500.000 rupiah.

Saya kira harga kos-kosan di Jakarta memang semahal itu, tapi setelah bertanya pada teman yang tinggal di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, ternyata harga sewa kosan di sana lebih murah.

Jadi kesimpulannya, karena Bendungan Hilir berada di Jakarta Pusat, harga sewa kosannya cukup mahal.

- Harga makanan mahal


Selain harga sewa kosan yang mahal, harga makanan di Benhil juga mahal. Perbandingannya adalah harga makanan di warteg. Saya cukup kaget, waktu itu ke warteg beli nasi, sayur, telur dan tempe orek, harganya bisa sampai 20.000 rupiah. Perasaan dulu di Cilegon beli nasi, ayam dan sayur cuma 15.000 rupiah.

Selanjutnya, saya pernah kaget karena harus membayar 23.000 rupiah untuk seporsi bubur ayam. Saya kira harganya mahal karena dapat banyak potongan daging ayam atau mungkin dapat telur rebus. Tapi ternyata isi dan porsinya sama saja. Parahnya lagi, itu adalah bubur ayam gerobakan, bukan di kafe atau restoran ber-AC. 

Tapi untungnya, nggak semua bubur ayam semahal itu. Masih ada bubur ayam yang lebih murah di Benhil, yaitu sekitar 15.000 rupiah.

Kesimpulannya, rata-rata harga makanan di Benhil lebih mahal. Tapi kalau kita mau berusaha mencari, maih bisa ditemukan makanan yang harganya murah.


Plus/Keuntungan Tinggal di Bendungan Hilir


Nah, sekarang mari kita lihat keuntungan tinggal di Bendungan Hilir. Ada banyak sekali, dan secara garis besar bisa dilihat dari segi lokasi, ketersediaan transportasi umum, tempat makan & coffee shop, rumah sakit & klinik dan tempat olahraga.

- Lokasi strategis


Menurut saya, Benhil itu lokasinya cukup strategis karena dekat dengan beberapa tempat ikonik di Jakarta. 

Seperti dekat dengan kawasan perkantoran SCBD dan GBK. GBK itu adalah tempat dilangsungkannya berbagai pertandingan olahraga hingga konser. Saking dekatnya, saya sering jalan kaki dari kosan ke GBK untuk lari di sana.

Jika mau main ke mall, yang terdekat adalah Mall Lippo Nusantara dan Mall FX Sudirman. Selain itu, dari Benhil cukup naik angkot untuk ke pusat perbelanjaan Tanah Abang. Bisa naik 1 kali bus TransJakarta ke Blok M dan juga Monas.

Jika mau ke Bandara Seotta, bisa naik MRT dari stasiun MRT Benhil ke BNI City, lalu dari sana naik kereta bandara.

Dan yang nggak kalah penting, kamu tinggal jalan kaki kalau ingin lari saat CFD di hari Minggu. Karena kawasan Bendungan Hilir langsung disambut oleh Jl. Raya Sudirman.

Plus Minus Tinggal di Bendungan Hilir - Jakarta Pusat

- Dekat dengan transportasi umum


Dari penjelasan di atas, sudah terlihat kalau banyak transportasi umum di Benhil. Khususnya bagi kamu yang tinggal atau ngekos di Jl. Bendungan Hilir dan Jl. Bendungan Jatiluhur atau semua area kosan yang persis di belakang Menara BRI & Mori Tower.

Area tersebut dilewati oleh angkot Mikrotrans 08 dan 54 yang hingga saat ini tarifnya masih 0 rupiah. Kalau angkot 08 bisa sampai Tanah Abang, sementara angkot 54 bisa sampai Halte TransJakarta Slipi Pertamburan.

Terdapat halte TJ Bendungan Hilir yang ada di depan Menara BRI & Mori Tower. Dari halte ini, kamu bisa naik bus nomor 1 ke Kota Tua (arah utara) dan Blok M (arah selatan). 

Sedikit jalan ke arah Intiland Tower, terdapat stasiun MRT Benhil yang berada di bawah jalan. Naik MRT menjadi solusi saat ingin menghindari macet di jalanan kota Jakarta.

Kalau mau naik KRL, stasiun yang terdekat adalah Stasiun Karet. Untuk menuju ke sana, kamu tinggal naik angkot biasa atau Mikrotrans nomor 08 dari bus stop terdekat dan turun di seberang Stasiun Karet.

Plus Minus Tinggal di Bendungan Hilir - Jakarta Pusat

- Rumah Sakit dan Klinik


Dari segi kesehatan, kamu nggak perlu khawatir. Di Benhil terdapat satu rumah Sakit besar yaitu RS Dr. Mintoharjo. Dari bus stop yang ada di depan Circle K kamu tinggal naik angkot Mikrotrans 08 atau angkot biasa dan turun di depan rumah sakitnya. 

Selain itu, ada klinik Kimia Farma dan banyak klinik gigi di Benhil. Juga terdapat Watson, untuk membeli obat hingga skincare.

- Banyak restoran terkenal


Jujur, saya norak saat pertama kali mencari kosan di Benhil, karena banyak sekali resto terkenal yang benar-benar dekat dengan area kosan. Mungkin karena ini adalah area strategis, benar-benar di pusat kota dan dekat dengan perkantoran/gedung. 

Restoran terkenal dimulai dari fast food seperti Burger King, Pizza Hut dan KFC. Hingga rumah makan Padang seperti Sederhana, RM Surya, Bopet Mini dan Payakumbuah.

Selain itu juga ada tempat makan yang cukup terkenal seperti Ayam Pak Gembus, Steak Hotel by Holycow, Bar Burger Barapi, Kanabu Resto, Sate Marangi Wargi Sari Asih dll.

Oh iya, jangan mengira di Benhil cuma ada restoran mahal saja. Masih ada warteg dan warmindo yang buka dari pagi sampai malam, dan banyak juga pecel lele atau tempat makan tenda-an yang buka dari sore.

- Banyak Coffee Shop & Bakery/Cake Shop


Bagi kamu pencinta kopi ataupun suka WFC, jangan khawatir karena di sini banyak sekali coffee shop.

Mulai dari chain coffee shop seperti Kopi Kenangan, Tomorow, Fore dan Flash Coffee. Juga ada independent coffee shop seperti Kopi Madja, Eskopi, Kopi Enak Indo, dan Warung Kopi Ancah.

Selain itu, juga banyak cafe-on-wheels yang mangkal di sekitar Benhil seperti Jago Coffee, Calf, dan Janji Jiwa.

Untuk bakery/cake shop yang terkenal seperti The Harvest Cakes, Holland Bakery, Amorcakes & Bakery dan Dapur Cokelat (Delivery Point).

Plus Minus Tinggal di Bendungan Hilir - Jakarta Pusat
Coffee shop di Bendungan Hilir

- Tersedia berbagai minimarket


Sebagai anak kosan, biasanya nggak perlu pergi ke supermarket untuk belanja bulanan. Karena kebutuhan pokok anak kosan itu sedikit, seperti sabun, tisu, gula dll, sehingga semuanya bisa dibeli di minimarket terdekat.

Di Benhil terdapat banyak sekali minimarket. Yang pasti ada merek lokal seperti Indomaret dan Alfamart (dan Alfamidi). Selain itu juga ada Family Mart, Circle K, Lawson yang merupakan minimarket yang berasal dari luar negeri.

Setelah saya bandingkan, Indomaret & Alfamart itu lebih lengkap dengan barang-barang atau makanan kebutuhan harian. Sementara Family Mart, Circle K dan Lawson lebih unggul dengan minuman kopi, cemilan hingga makan berat (seperti paket nasi dan ayam).

- Banyak tempat fitness/gym


Nggak ada alasan untuk malas berolahraga karena di Benhil terdapat banyak tempat fitness yang dekat dengan kosan. Saking dekatnya, bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki.

Tempat fitness seperti FIT HUB, FTL Gym, dan BEN Fitness. Selain itu juga ada tempat yoga dan pilates. Jika kamu suka lari, bisa menyeberang Jl. Gatot Subroto untuk ke GBK. Atau bisa juga lari di CFD Jl. Sudirman saat Minggu pagi.

- Sarapan serba 10.000 dan pasar takjil


Yang cukup viral di Benhil adalah ada sarapan serba 10.000 rupiah yang buka dari dini hari sampai sekitar jam 9 pagi. Lokasinya nggak jauh dari Holland Bakery Benhil.

Selain itu, saat bulan puasa juga nggak perlu khawatir karena ada pasar takjil di depan kantor Balai Warga RW 01 Benhil. Pasar takjil ini cukup terkenal karena sering diliput oleh TV dan konten kreator. Walaupun menjual takjil, tapi para penjual sudah mulai berjualan dari jam 1 siang.

Plus Minus Tinggal di Bendungan Hilir - Jakarta Pusat

***

Itulah plus dan minus tinggal di Bendungan Hilir, Jakarta Pusat berdasarkan hasil observasi dan pengalaman saya selama dua tahun.

Bagi kamu yang juga tinggal di Bendungan Hilir, bisa memberikan komentar mengenai kesan tinggal di sini.

xoxo
dila
Read More

Mau lari di kompleks GBK? 7 hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum ke GBK

Selasa, 11 Agustus 2026

4 komentar
Mau lari di kompleks GBK? 7 hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum ke GBK

Assalamualaikum
Halo semuanya~

Kompleks GBK atau Gelora Bung Karno menjadi tempat lari favorit bagi orang-orang yang tinggal atau bekerja di Jakarta.

Kompleks GBK yang terletak di Senayan, Jakarta Pusat ini sangat luas, terdiri dari berbagai fasilitas olahraga, ruang terbuka hijau, hingga pusat pameran dan museum.

Saya termasuk orang yang rajin ke kompleks GBK untuk lari pagi atau sore. Ini karena tempat tinggal saya sangat dekat dengan kompleks GBK. Bahkan lebih cepat ke sana dengan berjalan kaki daripada naik motor.

Karena sudah sering lari di kompleks GBK, saya merasa perlu berbagi informasi di blog ini kepada teman-teman yang belum pernah lari di sini.

Mungkin ada yang tinggal di Depok dan penasaran bagaimana kondisi saat lari di kompleks GBK. Atau mungkin teman-teman yang tinggal di Bandung atau provinsi lain dan punya rencana liburan ke Jakarta dan ingin mencoba lari di kompleks GBK?

Nah, kamu wajib membaca artikel ini sampai selesai!

Mau lari di kompleks GBK? 7 hal yang harus kamu ketahui sebelum ke GBK



1. Masuk kompleks GBK gratis


Pada dasarnya, masuk ke kompleks GBK itu gratis dan ada banyak pintu masuk yang bisa dipilih. Terdapat beberapa halte TransJakarta yang dekat dengan pintu masuk kompleks GBK. Jadi kamu bisa turun di halte TJ yang rutenya paling cocok dengan tempat kamu tinggal.

Namun, jika kamu membawa mobil atau motor, tentu kendaraan tersebut harus masuk ke tempat parkir dan membayar uang parkir. Tenang saja, tidak ada tukang parkir liar di sini. Jadi kamu cukup membayar di mesin parkir saat keluar.

2. Ada 2 tempat lari


Menurut saya, area lari di kompleks GBK terbagi menjadi dua. Pembagian ini tidak resmi, tapi ini berdasarkan pengamatan saya saat melihat orang-orang yang berlari di sana.

Area pertama adalah sepanjang jalan kompleks GBK atau kalau di maps namanya Jl. Stadion Senayan. Para pelari benar-benar berlari di jalan aspal, yang berarti kendaraan mau nggak mau harus berbagi jalan dengan mereka. 

Dan area kedua adalah area stadion utama GBK atau di maps namanya Jl. Lingkar GBK. Area ini adalah area steril, yang mana kita sudah masuk melewati pagar stadion. Tapi pelari dan orang umum lainnya hanya boleh beraktivitas di lingkar luar stadion saja, sementara lingkar dalam atau lapangan stadion tertutup.

Mau lari di kompleks GBK? 7 hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum ke GBK
Perbedaan kondisi 2 area lari di kompleks GBK

3. Banyak fotografer FOTOYU


Pertama kali lari di kompleks GBK, saya cukup kaget karena di sana ada banyak fotografer FOTOYU. Mereka menyebar di sepanjang Jl. Stadion Senayan dari pagi sampai malam. Intinya, kalau masih banyak pelari yang berlari, ya mereka akan selalu standby.

Bagi yang belum tau, FOTOYU adalah e-commerce khusus jual beli foto. Biasanya orang menjual hasil jepretannya di sini, setelah hunting foto di tempat olahraga atau event olahraga. Setiap pembeli harus di-scan dulu wajahnya, sehingga hanya bisa membeli foto/video wajah sendiri.

Sebenarnya saya nggak suka difoto saat berolahraga. Oleh karena itu, saya lebih suka lari di area kedua yaitu area stadion utama GBK. Karena area itu steril, fotografer FOTOYU nggak boleh hunting foto di sana.

Jadi, terserah kamu. Lari di area pertama cocok untuk pelari yang ingin berlari di jalan yang mulus dan bisa mendapatkan jarak yang jauh. Dan cocok untuk pelari yang merasa nggak masalah kalau difoto oleh fotografer FOTOYU, atau memang ingin dapat dokumentasi dari mereka.

Sementara di area kedua cocok untuk orang yang nggak suka difoto oleh fotografer FOTOYU. Dan yang pasti, berlari di area dua bisa terbebas dari bahaya kendaraan bermotor. Sehingga cocok juga buat kamu yang membawa anak atau orang tua.

fotografer FOTOYU GBK
Tikungan yang dikenal dengan markasnya fotografer FOTOYU

4. Sering ada event


Di kompleks GBK itu sering sekali ada event dan bahkan bisa saja ada demo. Event di kompleks GBK itu beragam, yang pasti kebanyakan acara olahraga karena di sana banyak fasilitas olahraga. Selain itu juga ada konser musik, festival makanan dan lainnya.

Bagi kamu yang ingin ke kompleks GBK untuk lari, sebaiknya cek dulu di media sosial apakah ada acara yang mungkin saja bisa menggagalkan rencana untuk berlari. Terutama jika kamu ingin berlari di area lingkar stadion, biasanya area tersebut ditutup jika ada pertandingan bola atau konser musik.

5. Bisa sewa sepeda & raket badminton

 
Jika kamu bosan berlari, kamu bisa mencoba aktivitas lain di sekitar kompleks GBK seperti mengendarai sepeda dan bermain badminton.

Ada penyewaan sepeda dan raket badminton sehingga kamu tidak perlu repot-repot membawa sepeda dari rumah. Setahu saya, spot penyewaan sepeda dan raket itu ada dua, yaitu di dekat pintu E dan di dekat patung Bung Karno / dekat kopi TUKU GBK.

Biaya sewa sepeda adalah Rp25.000 per jam. Juga ada sepeda couple dengan biaya sewa Rp40.000 per jam. Sementara sewa 2 raket dan 1 kok adalah Rp25.000 per jam.

sewa sepeda & raket badminton GBK
Tempat sewa sepeda dan raket di GBK

6. Tempat penyimpanan barang


Di kompleks GBK terdapat banyak loker untuk menyimpan barang. Posisinya cukup strategis, seperti di dekat tempat parkir, kantin, musala, dan di stadion GBK. Loker ini berbayar, yaitu PaxelBox, dan kita bisa memilih ukuran loker dan waktu pemakaian.

Ini sangat berguna untuk menyimpan tas atau baju ganti sehingga kamu bisa berlari dengan nyaman. 

7. Fasilitas lainnya


Fasilitas lain yang ada di kompleks GBK adalah masjid, musala, toilet dan tempat mandi gratis. Jadi kamu nggak usah khawatir untuk beribadah ataupun mandi setelah lari.

Selain itu juga terdapat Indomaret, Alfamart, coffee shop, stand makanan dan kantin yang bisa kamu kunjungi setelah lelah berlari.

***

Itulah 7 hal yang harus kamu ketahui sebelum lari atau olahraga di kompleks GBK, Jakarta. Semuanya berdasarkan opini dan pengalaman saya setelah sering lari di sana.

Bagaimana buat teman-teman yang juga sering lari di kompleks GBK? Ada tambahan? Silakan tambahkan di kolom komentar, ya!

xoxo
Dila

Maps kompleks GBK

Read More

Legoland Malaysia: Surga Bermain untuk Anak dan Pencinta Lego Sedunia

Kamis, 06 Agustus 2026

15 komentar
Legoland Malaysia
sumber: website Legoland Malaysia
Assalamulaikum
Halo semuanya~

Bayangkan mengajak si kecil menyusuri istana kerajaan yang seluruhnya terbuat dari kepingan Lego, lalu melompat naik roller coaster bertema knight, dan menutup hari dengan basah-basahan di seluncuran air raksasa. Semua kesenangan itu bisa kamu rasakan dalam satu lokasi di Legoland Malaysia, taman hiburan bertema Lego pertama sekaligus satu-satunya di Asia Tenggara.

Berlokasi di Iskandar Puteri, Johor Bahru, Legoland Malaysia menjadi destinasi favorit keluarga yang ingin memanjakan anak sekaligus membangkitkan inner child orang dewasa. Tak heran jika taman hiburan ini selalu masuk dalam daftar utama paket wisata Malaysia, terutama bagi wisatawan yang datang bersama anak usia 2 hingga 12 tahun.

Artikel ini akan mengulas tuntas lokasi, rute, harga tiket, daya tarik, hingga tips berkunjung ke Legoland Malaysia agar liburanmu semakin maksimal.

Apa Itu Legoland Malaysia?


Legoland Malaysia adalah resort taman hiburan bertema Lego yang terletak di Iskandar Puteri, Johor Bahru, Malaysia, dan dibangun di atas lahan seluas 31 hektare. Resort ini resmi dibuka pada 15 September 2012 sebagai taman hiburan Legoland pertama di Asia sekaligus satu-satunya di kawasan Asia Tenggara.

Legoland Malaysia terdiri dari empat kawasan utama, yaitu Legoland Theme Park, Legoland Water Park, Sea Life Aquarium, dan Legoland Hotel. Dengan lebih dari 70 wahana, seluncuran, pertunjukan, dan atraksi yang tersedia, resort ini dirancang khusus untuk keluarga dengan anak-anak, meski tetap menyenangkan untuk dikunjungi wisatawan dewasa yang rindu nostalgia bermain Lego.

Lokasi dan Rute Menuju Legoland Malaysia


Legoland Malaysia berlokasi di Persiaran Medini Utara, Iskandar Puteri, Johor, Malaysia, tidak jauh dari perbatasan Johor Bahru dan Singapura. Lokasinya yang strategis membuat resort ini mudah diakses baik dari dalam Malaysia maupun dari Singapura.

Berikut opsi rute jika kamu datang dari Singapura:
  • Kendaraan pribadi: melewati perbatasan Woodlands atau Tuas menuju Iskandar Puteri, dengan waktu tempuh sekitar 50 menit.
  • Bus umum: menggunakan layanan bus seperti Causeway Express yang melayani rute langsung menuju kawasan Legoland.
  • Kereta api: alternatif transportasi lain yang bisa digunakan dari Singapura menuju Johor Bahru.
  • Taksi online: pilihan paling praktis, terutama bagi rombongan keluarga dengan anak kecil.

Bagi wisatawan yang datang dari Kuala Lumpur atau kota lain di Malaysia, perjalanan darat menuju Johor Bahru bisa ditempuh melalui jalan tol utama menuju Iskandar Puteri. Untuk liburan yang lebih terencana tanpa perlu mengatur transportasi dan akomodasi sendiri, memilih paket wisata Malaysia dari Wisatamu Tour Travel yang sudah mencakup kunjungan ke Legoland Malaysia beserta destinasi populer lain di Johor Bahru bisa jadi pilihan paling efisien.

Harga Tiket Masuk Legoland Malaysia


Harga tiket masuk Legoland Malaysia bervariasi tergantung jenis tiket dan area yang ingin dikunjungi. Berikut gambaran kisaran harganya:
  • Tiket 1-Day Theme Park: mulai dari RM69–RM89 untuk dewasa, dengan harga bisa lebih tinggi tergantung musim dan promo yang berlaku.
  • Tiket 1-Day Double Park (Theme Park + Water Park): berkisar RM219 untuk anak-anak dan RM279 untuk dewasa.
  • Tiket kombinasi Theme Park, Water Park, dan Sea Life Aquarium: harga bervariasi dan biasanya lebih hemat dibanding membeli tiket terpisah.

Anak-anak yang dihitung dengan tarif khusus umumnya berusia 3–11 tahun, sementara balita di bawah usia tertentu biasanya mendapatkan akses gratis. Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim liburan dan promo yang sedang berlangsung, sehingga disarankan untuk mengecek harga terbaru melalui situs resmi atau platform pemesanan tiket online sebelum berkunjung.

Legoland Malaysia umumnya buka mulai pukul 10.00 hingga 18.00 waktu setempat, dengan kemungkinan perpanjangan jam operasional hingga pukul 20.00 pada hari-hari tertentu seperti akhir pekan atau musim liburan.

Daya Tarik Utama Legoland Malaysia


1. Legoland Theme Park dengan 8 Zona Tematik


Theme Park utama terbagi menjadi delapan zona bertema berbeda, mulai dari LEGO Technic, LEGO Kingdoms, Land of Adventure, LEGO City, Imagination, hingga Miniland yang menampilkan replika ikon-ikon dunia dalam bentuk miniatur Lego.

2. Legoland Water Park


Bagi yang ingin bermain air, Water Park menawarkan lebih dari 20 seluncuran, wahana, pertunjukan, dan permainan air, termasuk Build-A-Raft River dan DUPLO Splash Safari yang cocok untuk anak-anak kecil.

3. Sea Life Aquarium


Kawasan akuarium ini menghadirkan lebih dari 13.000 makhluk laut dari 120 spesies, tersebar di 11 zona bawah laut yang imersif, tempat pengunjung bisa melihat langsung hiu, pari, kuda laut, hingga ikan warna-warni dari jarak dekat.

4. Legoland Hotel


Bagi keluarga yang ingin merasakan pengalaman lebih lengkap, tersedia Legoland Hotel dengan tema kamar yang dirancang khusus untuk anak-anak, lengkap dengan aktivitas seru seperti treasure box di dalam kamar.


5. Miniland yang Menakjubkan


Salah satu daya tarik paling ikonik adalah Miniland, kawasan yang menampilkan replika bangunan dan ikon terkenal dari berbagai negara, semuanya dibuat dari jutaan kepingan Lego dengan detail yang mengagumkan.

Aktivitas Seru di Legoland Malaysia


Berikut beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan selama berkunjung ke Legoland Malaysia:
  • Menaiki roller coaster dan wahana tematik di berbagai zona Theme Park.
  • Bermain air di Water Park, mulai dari seluncuran hingga sungai arus buatan.
  • Menjelajahi Sea Life Aquarium untuk melihat ribuan biota laut dari dekat.
  • Merakit kreasi Lego sendiri di area LEGO Technic dan zona edukasi lainnya.
  • Berfoto di Miniland dengan latar replika bangunan ikonik dunia.
  • Menginap di Legoland Hotel untuk pengalaman liburan yang lebih lengkap bersama keluarga.

Tips Berkunjung ke Legoland Malaysia


Agar kunjunganmu semakin nyaman dan berkesan, perhatikan tips berikut ini:
  1. Beli tiket secara online lebih awal, karena beberapa platform pemesanan mengharuskan reservasi minimal satu hari sebelumnya dan menawarkan harga lebih hemat dibanding beli langsung di lokasi.
  2. Datang saat gerbang baru dibuka, agar bisa menikmati wahana favorit tanpa antrean panjang, terutama saat musim liburan.
  3. Bawa pakaian ganti jika berencana bermain di Water Park, serta perlengkapan seperti topi dan sunscreen.
  4. Cek jadwal pertunjukan dan acara musiman di situs resmi, karena Legoland Malaysia rutin mengadakan acara akhir tahun dan event keluarga lainnya.
  5. Pertimbangkan memesan paket wisata yang sudah mencakup tiket Legoland beserta akomodasi dan transportasi, sehingga liburan lebih praktis tanpa perlu mengatur semuanya sendiri.
  6. Manfaatkan fasilitas pendukung seperti loker, ruang menyusui, tempat sholat, serta penyewaan stroller dan kursi roda yang tersedia di area resort.

FAQ Seputar Legoland Malaysia


Di mana lokasi Legoland Malaysia?
Legoland Malaysia berada di Iskandar Puteri, Johor Bahru, Malaysia, tidak jauh dari perbatasan Singapura, dengan waktu tempuh sekitar 50 menit dari Singapura menggunakan kendaraan pribadi.

Berapa harga tiket masuk Legoland Malaysia?
Harga tiket 1-Day Theme Park mulai dari RM69–RM89 untuk dewasa, sementara tiket kombinasi Theme Park dan Water Park berkisar RM219–RM279 tergantung kategori usia dan promo yang berlaku.

Apa saja area utama di Legoland Malaysia?
Legoland Malaysia terdiri dari empat area utama, yaitu Legoland Theme Park dengan delapan zona tematik, Legoland Water Park, Sea Life Aquarium, dan Legoland Hotel.

Apakah Legoland Malaysia cocok untuk anak usia berapa?
Legoland Malaysia dirancang khusus untuk keluarga dengan anak berusia 2 hingga 12 tahun, meski tetap menyenangkan untuk dikunjungi wisatawan dewasa dan remaja.

Jam berapa Legoland Malaysia buka?
Legoland Malaysia umumnya buka mulai pukul 10.00 hingga 18.00 waktu setempat, dengan kemungkinan perpanjangan hingga pukul 20.00 pada hari libur atau musim ramai.

Legoland Malaysia sebagai destinasi liburan keluarga paling lengkap di Asia Tenggara, memadukan Theme Park, Water Park, dan Sea Life Aquarium dalam satu kawasan yang mudah diakses dari Johor Bahru maupun Singapura.

Dengan lebih dari 70 wahana dan atraksi, tempat ini layak menjadi tujuan utama liburan bersama si kecil. Untuk pengalaman yang lebih praktis, kamu bisa memilih paket wisata Malaysia yang sudah mencakup kunjungan ke Legoland Malaysia beserta destinasi menarik lainnya di Johor Bahru.

Yuk, segera rencanakan liburanmu dan rasakan sendiri keseruan tanpa batas di Legoland Malaysia!

xoxo
-dila
Read More

Kenapa Gen Z dan Milenial Suka ke Blok M?

Sabtu, 01 Agustus 2026

17 komentar
Kenapa Gen Z dan Milenial Suka ke Blok M?

Assalamualaikum
Halo, apa kabarnya semuanya?

Blok M sudah menjadi tempat favorit bagi anak muda di kota Jakarta dan sekitarnya. Terbukti dari ramainya area ini baik saat weekdays maupun weekend. Saking ramai dan viral, tempat ini diberi julukan Negara Blok M.

Dan pertanyaannya adalah kenapa Blok M disukai oleh anak muda, terutama Gen Z dan milenial?

Pada artikel tips sebelum kulineran di Blok M sudah terlihat gambaran kalau Blok M itu ramai, panas dan penuh dengan antrean. Selain itu, harga makanan di sana sama mahalnya dengan makanan di mall. 

Setelah mencoba kulineran di Blok M, saya merasa mall lebih unggul karena sejuk, terhindar dari hujan, fasilitas lengkap dan lebih nyaman. Walau saya berpendapat seperti itu, sejujurnya saya masih penasaran dan ingin ke Blok M lagi dan lagi.

Nah, kembali ke pertanyaan di atas, kenapa Gen Z dan milenial suka sekali main ke Blok M?

Sebagai perwakilan anak muda dari golongan milenial yang sudah beberapa kali berkunjung ke Blok M dan juga setelah melihat postingan orang lain di media sosial, saya ingin menyimpulkan beberapa hal yang membuat anak muda suka main di Blok M.

Alasan Anak Muda Suka Main ke Blok M



- Akses mudah/banyak pilihan transportasi


Ini menjadi alasan utama kenapa Blok M ramai. Di sana ada terminal Blok M yang sudah lama berdiri, yang sekarang menjadi persinggahan bus TransJakarta. Lalu terdapat halte MRT Blok M yang mulai beroperasi pada tahun 2019. Selanjutnya dilengkapi dengan mikrotrans JakLingko dengan tarif 0 rupiah.

Adanya berbagai moda transportasi tersebut, membuat orang-orang dari sudut Jakarta bahkan dari luar Jakarta seperti Bekasi, Bogor, Depok dan Tangerang bisa berkunjung ke Blok M dengan tarif yang murah. Apalagi remaja SMP/SMA belum punya SIM, sehingga mereka akan sangat senang bisa ke Blok M dengan transportasi umum yang murah.

Selain itu, golongan mahasiswa atau karyawan yang sudah punya kendaraan pribadi juga cenderung memilih naik transportasi umum. Selain hemat, juga supaya terhindar dari macetnya jalanan kota Jakarta.

Map Blok M
Ilustrasi titik transportasi di Blok M

- Selalu ada restoran/kafe baru


Entah siapa yang memulai, tapi dari sekitar tahun 2023 hingga sekarang, selalu ada video rekomendasi kuliner di Blok M. Mulai dari camilan donat, minuman matcha, hingga makanan berat seperti soto Betawi.

Secara garis besar, kuliner di Blok M itu jadi viral karena berbagai hal, seperti konsep kafenya yang unik, bentuk penyajiannya yang kreatif, atau jenis makanan/minumannya yang baru. Biasanya restoran atau kafe yang viral ditandai dengan banyaknya antrean di depannya. 

Dan fun fact, kafe/makanan yang viral belum tentu murah. Jadi orang-orang antre bukan karena sedang diskon, tapi karena memang sedang viral. 

Kenapa Gen Z dan Milenial Suka ke Blok M?
Makanan dan minuman viral di Blok M

- Spot foto menarik/ngonten


Di sekitar Blok M banyak sekali spot foto bagus yang gratis. Kamu bisa dengan mudah menemukannya, dan rata-rata itu merupakan bagian depan tempat makan/toko.

Selain itu, sekarang saya baru menyadari kenapa Blok M ramai oleh Gen Z dan milenial. Alasannya adalah karena Blok M merupakan area terbuka, sehingga anak muda dapat bebas membuat konten. Apalagi sekarang zamannya TikTok yang sangat "video". Mereka dengan bebas membuat video rekomendasi, video review dan mini vlog untuk diunggah di media sosial.

Lain halnya kalau main ke mall, mungkin akan terdengar lebih berisik dan mengganggu kenyamanan orang lain.

- Banyak photobooth lucu


Nggak hanya kuliner viral tapi berjalannya waktu, Blok M mulai menjadi surganya para anak muda yang suka berfoto di photobooth.

Ada banyak sekali stand photobooth dengan berbagai tema di Blok M, mulai dari tema K-pop, aesthetic, newspaper/magazine hingga konsep F1. Jadi nggak heran kalau banyak anak muda yang suka menghabiskan weekend-nya di Negara Blok M.

Oh iya, sedikit tips, sebelum ke sana dan bingung memilih photobooth, sebaiknya kamu cari dulu rekomendasi atau review di media sosial.

- Sering ada event


Magnet lain yang membuat Gen Z dan milenial suka ke Blok M adalah banyak event menarik yang diselenggarakan di sini. Biasanya ada event brand, festival kuliner, hingga promosi film

Yang terbaru seperti adanya photobooth Spider-Man gratis di M Bloc Space dan konser grup NPD di Taman Literasi Blok M.

Selain itu juga ada acara Wardah Colour Circuit yang diselenggarakan Wardah di Nirmana Falatehan Blok M hingga 9 Agustus nanti.

Kebetulan saya diundang, dan berikut sedikit cuplikan video di event tersebut.

@_chocodilla nggak nyangka diundang Wardah jalur F1. Eventnya keren banget! Para cewek2 wajib datang! Makasih atas undangannya @Wardah Beauty Official , walaupun aku gak jadi datang tgl 24 Juli. Acara terbuka untuk umum dan gratis! 📍 Nirmana Falatehan, Blok M 📆 25-8 Agustus 2026 Nanti undangan aku lagi ke acara F1 beneran yah, hehe #wardahcolourcircuit #wardah #formula1 #Wardah #amnaalqubaisi ♬ Walking Around - Instrumental Version - Eldar Kedem
***

Setidaknya ada 5 alasan besar kenapa anak muda suka sekali main ke Blok M. Semuanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi dan setelah melihat perilaku teman-teman di media sosial.

Saya pribadi senang dengan perkembangan Blok M. Setidaknya kita punya pilihan tempat main selain mall. Ini vibes-nya sama seperti berkunjung ke Myeongdong, Korea Selatan. Karena Myeongdong juga merupakan pusat kuliner dan belanja untuk wisatawan.

Supaya bisa lebih maju seperti Myeondong, saya berharap Blok M bisa lebih bersih, jalannya rapi dan meningkatkan fasilitas umum seperti toilet. Selain itu, juga perlu menambahkan toko kosmetik dan tempat karaoke.

Sekian dari saya, nah kalau dari kamu, apa yang membuat kamu suka main ke Blok M? Tulis di kolom komentar, ya!

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini

xoxo
dila
Read More